1. Email
Cara ini
bekerja layaknya kita mengirim surat dan menerima surat lewat pos. Namun surat
yang kita kirim maupun terima dapat sampai hanya dalam hitungan detik saja,
sehingga kita bisa berbalas-balasan pesan dan waktu yang cukup cepat. Jika
email kita dan orang lain disatukan dalam layanan grup milis (mailing list)
maka kita dan orang lain yang terdaftar dapat mengirim satu email ke banyak orang
sekaligus dan menerima email otomatis dari anggota lain yang terdaftar.
Contoh
penyedia layanan email : yahoo, google, dsb.
Contoh
penyedia layanan milist : yahoogroups, google group, dsb.
2. Chatting
Jika kita
hobi ngobrol, maka cara ini cukup efektif karena lebih mirip dengan ngobrol
biasa karena kita bisa berbicara empat mata maupun beramai-ramai dalam satu
tempat bicara secara langsung lewat bahasa tulisan teks.
Contoh
penyedia layanan chatting : server irc publik, yahoo messenger, msn messenger,
dan sebagainya.
3. Telepon
Internet
Jika akses
internet kita dan lawan bicara kita cukup cepat dan stabil, maka kita bisa
gunakan layanan telepon online baik dengan menginstall suatu program khusus
terlebih dahulu maupun langsung berteleponan lewat fitur khusus dari website
tertentu. Yang pasti kita minimal butuh mic dan speaker agar bisa mengirim
suara dan mendengar suara dari lawan bicara kita.
Contoh
penyedia layanan telepon internet : skype, yahoo messenger, dsb.
4. Situs Web
Jejaring Sosial
Cara berkomunikasi
yang satu ini sedang ngetrend saat ini karena kita bisa terhubung langsung
dengan teman-teman kita yang sudah terdaftar sehingga kita bisa mengetahui apa
yang teman kita pesankan secara luas serta mengomentarinya. Kita pun juga bisa
membuat pesan pribadi dengan pengguna lain dan melakukan chatting dengan
pengguna lain. Namun semua itu tergantung fitur penyedianya karena tidak
semuanya memerikan layanan yang sama lengkap.
Contoh
penyedia layanan situs jejaring sosial : salingsapa, friendster, facebook,
twitter, dan lain-lain.
5. Forum
Internet
Dengan forum
kita bisa membuat suatu topik bahasan pada kategori yang sesuai dan kemudian
anggota yang lain bisa memberikan komentar secara langsung dengan membuat
kutipan dari obrolan yang sudah ada. Sebenarnya lebih mirip dengan chatting
namun berbasis web, bisa menampilkan file lampiran gambar dan video secara
langsung, bisa membuat kutipan, bisa berkomunikasi dengan pesan pribadi antar
dua pengguna, dan lain-lain.
Contoh
penyedia layanan forum : kaskus, detik forum, dan masih banyak lagi yang
lainnya.
Manfaat dari Komunikasi Interaktif
via Internet
Pada mulanya
Internet berawal sebagai media komunikasi dan apa pun bisnisnya membutuhkan
komunikasi, entah itu oral, visual, maupun tekstual antara pihak-pihak yang
terlibat. Walaupun beberapa dari jenis komunikasi ini diotomatisasi oleh
komputer, namun tanpa hal itu suatu bisnis tidak dapat tumbuh.
Ciri utama
dari jenis komunikasi dasar di Internet adalah; e-mail, chat, dan News, ini
semua adalah aplikasi yang sering digunakan dan di masa depan hal ini pun akan
tetap nomor satu digunakan. Ketiga itu sebenarnya adalah replika dari hal yang
sering digunakan di era pra-internet.
Online chat
tidaklah baru bila dibandingkan dengan normal chit-chat, namun Internet memungkinkan
cara baru berkomunikasi, dan sekarang masalahnya adalah bagaimana kita dapat
membuat nilai tambah pada teknologi baru dan inovatif ini. Teknologi ini tidak
memberikan solusi baru yang radikal, namun mengintegrasikan teknologi yang ada
untuk meningkatkan keefektifan berkomunikasi.
Aplikasinya
dapat digunakan dalam tiga hal :
Cara berinteraksi dengan kastemer dan leads
Walaupun
komunikasi umum antara perusahaan dan kastemer dilakukan melalui surat biasa,
telepon atau e-mail dan faks, namun cobalah berikan kastemer Anda suatu
elayanan yang lain dan lebih baik dan hemat biaya apabila harus menggunakan
Sambungan telepon jarak jauh atau Internasional.
Cara berinteraksi dengan mitra bisnis
Online meeting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar